Silahkan Klik Link Dibawah ini
https://forms.gle/vovN4ip1hHknUQ45A
( Link diatas khusus siswa siswi SMPN 2 Giligenting )
Kelas IX
Silahkan Klik Link Dibawah ini
https://forms.gle/vovN4ip1hHknUQ45A
( Link diatas khusus siswa siswi SMPN 2 Giligenting )
Kelas IX
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan
operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya
|
4.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar
|
3.2 Menjelaskan persamaan
kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
3.3 Menjelaskan fungsi
kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
3.4 Menjelaskan hubungan
antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
4.4 Menyajikan dan
menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.5 Menjelaskan transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi)
|
3.6 Menjelaskan dan
menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
3.7 Membuat generalisasi luas
permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut,
dan bola)
|
4.7 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang
sisi lengkung
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Membuat generalisasi dari
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
4.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi
objek
|
3.2 Menjelaskan kedudukan
titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah
kontekstual
|
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
3.3 Mendeskripsikan dan
manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
(kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
4.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi
|
3.4 Menganalisis fungsi
linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
3.5 Menjelaskan sistem
persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
3.6 Menjelaskan dan
membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.7 Menjelaskan sudut pusat,
sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
4.7 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas
juring lingkaran, serta hubungannya
|
3.8 Menjelaskan garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara
melukisnya
|
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam
dua lingkaran
|
3.9 Membedakan dan menentukan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas)
|
4.9 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
|
3.10 Menganalisis data
berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data
untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.10 Menyajikan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata,
median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat
keputusan, dan membuat prediksi
|
3.11 Menjelaskan peluang
empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
4.11 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran,
desimal, persen)
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
3.3 Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
4.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
dan negatif
|
3.4 Menjelaskan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan
|
3.5 Menjelaskan bentuk
aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
4.5 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
3.6 Menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
|
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.7 Menjelaskan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
4.7 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
3.8 Membedakan perbandingan
senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan
persamaan
|
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
3.9 Mengenal dan menganalisis
berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
4.9 Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
3.10 Menganalisis hubungan
antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.11 Mengaitkan rumus
keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
4.11 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga
|
3.12 Menganalisis hubungan
antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang,
dan diagram lingkaran)
|
4.12 Menyajikan dan
menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana
untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan,
dll)
|
4.1 Menyimpulkan tujuan,
bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
3.2 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada
makanan, dll)
|
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/
alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek
lisan
|
3.3 Mengidentifikasi gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
4.3 Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
|
3.4 Menelaah struktur dan
ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar
dan dibaca
|
4.4 Menuangkan gagasan,
pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan.
|
3.5 Mengidentifikasi unsur
pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
4.5 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang
dibaca atau didengar
|
3.6 Menelaah struktur dan
aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
4.6 Mengungkapkan pengalaman
dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
didengar dan/atau dibaca
|
4.7 Menyimpulkan isi teks
tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar
dan/atau dibaca
|
4.8 Mengungkapkan kritik,
sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau
tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan
aktual yang dibaca dan didengar
|
4 .9 Menyimpulkan isi
gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca
|
3.10 Menelaah pendapat dan
argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan
permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
4.10 Menyajikan
gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan
aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan)
|
3.11 Mengidentifikasi isi
ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif
yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan isi
ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
|
3.12 Menelaah struktur,
kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif
|
4.12 Mengungkapkan rasa
simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif
dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan
|
3.13 Menggali informasi
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
4.13 Membuat peta
konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.14 Menelaah hubungan antara
unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
4.14 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.15 Menemukan unsur-unsur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.15 Membuat peta pikiran/
rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
3.16 Menelaah hubungan
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
4.16 Menyajikan tanggapan
terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|