KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana
untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan,
dll)
|
4.1 Menyimpulkan tujuan,
bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
3.2 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada
makanan, dll)
|
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/
alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek
lisan
|
3.3 Mengidentifikasi gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
4.3 Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
|
3.4 Menelaah struktur dan
ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar
dan dibaca
|
4.4 Menuangkan gagasan,
pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan.
|
3.5 Mengidentifikasi unsur
pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
4.5 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang
dibaca atau didengar
|
3.6 Menelaah struktur dan
aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
4.6 Mengungkapkan pengalaman
dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
didengar dan/atau dibaca
|
4.7 Menyimpulkan isi teks
tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar
dan/atau dibaca
|
4.8 Mengungkapkan kritik,
sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau
tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
SEMESTER 2 ( JUMLAH KD 8 )
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan
aktual yang dibaca dan didengar
|
4 .9 Menyimpulkan isi
gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca
|
3.10 Menelaah pendapat dan
argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan
permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
4.10 Menyajikan
gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan
aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan)
|
3.11 Mengidentifikasi isi
ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif
yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan isi
ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
|
3.12 Menelaah struktur,
kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif
|
4.12 Mengungkapkan rasa
simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif
dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan
|
3.13 Menggali informasi
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
4.13 Membuat peta
konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.14 Menelaah hubungan antara
unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
4.14 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.15 Menemukan unsur-unsur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.15 Membuat peta pikiran/
rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
3.16 Menelaah hubungan
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
4.16 Menyajikan tanggapan
terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar