KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
4.1 Menjelaskan isi teks
deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
3.2 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
4.2 Menyajikan data, gagasan,
kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun
tulis
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur
teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
4.3 Menceritakan kembali isi
teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis,
dan visual
|
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
4.4 Menyajikan gagasan
kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
|
3.5 Mengidentifikasi teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
4.5 Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
|
3.6 Menelaah struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
4.6 Menyajikan data rangkaian
kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik
daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang
dibaca atau diperdengarkan
|
4.7 Menyimpulkan isi teks
laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
3.8 Menelaah struktur,
kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks
laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
SEMESTER 2 ( JUMLAH KD 8 )
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.9 Menemukan unsur-unsur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.9 Membuat peta
pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
|
3.10 Menelaah hubungan
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
4.10 Menyajikan tanggapan
secaralisan, tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
3.11 Mengidentifikasi
informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat
pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan isi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas
yang dibaca atau diperdengarkan
|
3.12 Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
4.12 Menulis surat (pribadi
dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,
kebahasaan, dan isi
|
3.13 Mengidentifikasi
informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair,
dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
4.13 Menyimpulkan isi puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam
bentuk tulis dan lisan
|
3.14 Menelaah struktur dan
kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang dibaca dan didengar
|
4.14 Menelaah struktur dan
kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang dibaca dan didengar
|
3.15 Mengidentifikasi
informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
|
4.15 Menceritakan kembali isi
cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
|
3.16 Menelaah struktur dan
kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
|
4.16 Memerankan isi
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar