KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.1Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan
dibaca
|
4.1 Menyimpulkan isi berita
(membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
3.2 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
4.2 Menyajikan data dan informasi
dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
4.3 Menyimpulkan isi iklan,
slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
|
3.4 Menelaah pola penyajian
dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
4.4 Menyajikan gagasan,
pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan
tulis
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah)
yang didengar dan dibaca
|
4.5 Menyimpulkan isi teks
eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan
dibaca
|
3.6 Mengidentifikasi struktur,
unsur kebahasaan, dan aspek lisandalamteks eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
4.6 Menyajikan gagasan dan
pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan
tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
3.7 Mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.8 Menyajikan gagasan,
perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.9 Meringkas isi teks
eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber
yang didengar dan dibaca
|
SEMESTER 2 ( JUMLAH KD 9 )
KD PENGETAHUAN
|
KD KETERAMPILAN
|
3.10 Menelaah teks ekplanasi
berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.10 Menyajikan informasi dan
data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan
|
3.11 Mengidentifikasi
informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi,
novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
|
4.11 Menceritakan kembali isi
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah) yang dibaca atau didengar
|
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah)
yang diperdengarkan dan dibaca
|
4.12 Menyajikan tanggapan
tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.)
dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.13 Mengidentifikasi jenis
saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas
permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
4.13 Menyimpulkan isi saran,
ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual
dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) yang didengar dan dibaca
|
3.14 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang
berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
|
4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.15 Mengidentifikasi
unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk
pentas atau naskah
|
4.15 Menginterpretasi drama
(tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar
|
3.16 Menelaah karakteristik
unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau
pentas
|
4.16 Menyajikan drama dalam
bentuk pentas atau naskah
|
3.17 Menggali dan menemukan informasi
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.17 Membuat peta
konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.18 Menelaah unsur buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.18 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar